Syarat Registrasi | Download Formulir | Pencarian Data | Login User Propinsi | Login User Pusat |
Selamat Datang

Good Agricultural Practices (GAP) merupakan panduan budidaya yang benar dalam memadukan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi selama proses produksinya. Produk segar yang dihasilkan melalui proses penerapan GAP diharapkan aman dikonsumsi, bermutu, berdaya saing dan ramah lingkungan.  Perwujudan penerapan GAP dinyatakan dengan penerbitan nomor register lahan usaha yang diberikan melalui kegiatan penilaian lahan usaha, yang selanjutnya dapat ditindaklanjuti dengan pelaksanaan sertifikasi produk oleh lembaga sertifikasi terakreditasi yang berwenang atau yang ditunjuk.

Registrasi lahan usaha sayuran dan tanaman obat merupakan tahap lanjutan dari PerMentan No. 48 Permentan/OT.140/10/2009 untuk Penerapan GAP dalam melakukan aktivitas budidaya.  Registrasi lahan usaha diberikan kepada petani/pelaku usaha yang telah menerapkan GAP dan sekaligus sebagai pengakuan atas keberhasilan dan upayanya dalam meningkatkan daya saing produk sayuran dan tanaman obat.

Untuk membangun database lahan usaha yang menerapkan Good Agricultural Practices (GAP) dalam bentuk lahan usaha yang teregister dan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses dan mengetahui informasi tersebut maka perlu aplikasi perangkat lunak (software) "Registrasi Penerapan GAP Sayuran dan Tanaman obat”. Dengan bantuan software ini diharapkan pelaksanaan registrasi Lahan Usaha sayuran dan tanaman obat dapat dilakukan secara otomatis, tepat dan akurat serta dapat diakses oleh berbagai pihak yang berkepentingan...

Copyright © 2010
Kementerian Pertanian