Selamat Datang di Sistem Informasi Produk Domestik Bruto (PDB)


Data yang disajikan dalam database ini bersumber dari publikasi Badan Pusat Statistik (BPS). Cakupan database PDB ini meliputi PDB Harga Berlaku, PDB Harga Konstan, Kontribusi PDB, dan Laju Pertumbuhan yang disajikan dalam periode triwulan dan tahunan. Dalam penyajiannya untuk tahun dasar 2000 mencakup PDB Pertanian sempit yang meliputi Tanaman Bahan Makanan, Tanaman Perkebunan, Tanaman Peternakan dan hasil-hasilnya dengan 9 lapangan usaha di Indonesia. Mulai tahun 2015, penyajian PDB berdasarkan tahun dasar 2010 yang mencakup 17 lapangan usaha, dengan rincian sektor pertanian sempit meliputi tanaman pangan, tanaman hortikultura, tanaman perkebunan, peternakan, serta jasa pertanian dan perburuan.
  • PDB harga berlaku nominal menunjukkan kemampuan sumber daya ekonomi yang dihasilkan oleh suatu negara. Nilai PDB yang besar menunjukkan sumber daya ekonomi yang besar, begitu juga sebaliknya.
  • PDB harga konstan (riil) dapat digunakan untuk menunjukkan laju pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan atau setiap sektor dari tahun ke tahun.
  • Distribusi PDB harga berlaku menurut sektor menunjukkan struktur perekonomian atau peranan setiap sektor ekonomi dalam suatu negara. Sektor-sektor ekonomi yang mempunyai peran besar menunjukkan basis perekonomian suatu negara.
Laju pertumbuhan mencerminkan perubahan volume produksi barang dan jasa dalam perekonomian, Laju implisit mencerminkan perubahan harga barang dan jasa di tingkat produsen dalam perekonomian.
© Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian 2012